UM Palopo Menggelar Workshop Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional Terindeks Scopus


Universitas Muhammadiyah Palopo, berhasil memenangkan hibah Program Kompetensi Kampus Merdeka (PK-KM) salah satu program unggulan, kegiatan yang telah terlaksana yaitu “Workshop Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional Terindeks Scopus” diselenggarakan oleh Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) bekerjasama dengan Prodi Manajemen dan Tim Task Force PKKM. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Rektorat lt. 3, pada 14-15 Juli 2021.

Kepala LPPI Rahmad Solling, S.E., M.M., melaporkan bahwa jumlah peserta sebanyak 30 orang dosen se-Universitas dan 20 mahasiswa Pascasarjana Manajemen UM Palopo. Beliau menyampaikan bahwa dosen harus diberi motivasi dalam hal literasi membaca dan menulis karya ilmiah, serta mampu mempublikasikan tulisan tersebut pada jurnal nasional terakreditasi dan Internasional. Dosen tidak hanya dituntut untuk berbagi ilmu melalui mengajar, tetapi juga wajib menyebarluaskan ilmu pengetahuan dengan meneliti, pengabdian masyarakat, yang dimuat dalam jurnal maupun buku. Ketua tim Task Force Bapak Dr. Antong, SE., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara Workshop penulisan dan publikasi Artikel Ilmiah ini disebut sebagai salah satu program unggulan dan mengacu pada Indikator Kinerja Utama (IKU) yang ke 5 yaitu hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi internasional, hasil riset dan pengabdian dosen dimanfaatkan oleh masyarakat yang menjadi ciri utama program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Selanjutnya, Rektor UM Palopo Dr. Salju, SE., M.M., dalam pembukaan acara tersebut Rektor sangat berharap bahwa out put dari kegiatan ini adalah publikasi ilmiah di Jurnal Internasional bereputasi terealisasi secara optimal. Sehingga, melalui program hibah PKKM ini branding Universitas Muhammadiyah Palopo dapat meningkat signifikan. Beliau sangat berharap dosen mampu menghasilkan karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di Jurnal Internasional Bereputasi. Banyaknya publikasi Internasional, maka reputasi dan kredibilitas Perguruan Tinggi akan terus meningkat dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.

Pemateri kegiatan Workshop, Prof. Dr. Ir. Zulkarnain, M. Hort, Sc. Guru Besar dari Universitas Jambi, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan menulis, metode memilih jurnal tujuan publikasi. Profesor juga mengatakan bahwa untuk menuju publikasi scopus hingga Tier-1 (Q1) merupakan suatu kerja keras dengan proses yang tidak sebentar seperti blind review. Meskipun demikian, publikasi jurnal diyakini memiliki impact factor dan citation index yang lebih tinggi dan sebagai media membangun track-record maupun aktualisasi diri, diseminasi ke masyarakat luas, dan legitimasi akademik. Disampaikan pula strategi umum publikasi: (i) menyusun portofolio yang beragam dengan waktu tunggu hingga tiga tahun; (ii) fokus pada satu atau dua bidang keahlian/minat penelitian; (iii) membuat satu atau dua tulisan dari karya yang ada (tesis/disertasi yang disusun); (iv) sasar jurnal yang “diimpikan” dengan mempertimbangkan pemeringkatan jurnal dan berhati-hati terhadap kategorial jurnal predator. (Ris-Pas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Tenaga IT Universitas Muhammadiyah Palopo Mengikuti Sertifikasi Microsoft Technology Associate (MTA)Tenaga IT Universitas Muhammadiyah Palopo Mengikuti Sertifikasi Microsoft Technology Associate (MTA)

Sebanyak tiga tendik IT mengikuti kegiatan sertifikasi IT dengan bidang masing-masing yang sejalan dengan tupoksi pekerjaan. Rahmat Siswanto, S.ST., M.T mengikuti sertifikasi MTA di bidang Database Fundamentals, Nursalim Yunus, S.ST

Kegiatan Terlaksana

Dosen Prodi Akuntansi Berhasil Meraih Gelar Certified Practitioner of Internal Audit (CPIA)Dosen Prodi Akuntansi Berhasil Meraih Gelar Certified Practitioner of Internal Audit (CPIA)

Program Studi Akuntansi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Yayasan Pendidikan Internal Audit (LSP-YPIA) mengikutsertakan tiga dosennya dalam kegiatan ujian sertifkasi Certified Practitioner of Internal Audit (CPIA). Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal

Kegiatan Terlaksana